Dimazcipinang's Blog











{November 19, 2009}   Analisa Bisnis Warnet

NAMA : DIMASZ SHAYLENDRA
NPM : 11208425
KELAS : 2 EA 11
M.KUL : EKONOMI KOPERASI
TUGAS: Artikel ttg menganalisis bisnis warnet

Kata pengantar

 

Menganalisa Bisnis Warnet di Indonesia” ini disusun untuk memenuhi tugas Ekonomi Koperasi yang berhubungan  dengan pembelajaran soft skiil. Dalam artikel ini dibahas tentang menganalisa  bisnis warnet di Indonesia, hal-hal yang  perlu diperhatikan dalam memulai bisnis warnet,apa saja yang diperlukan dan biaya untuk merilis bisnis  warnet dan keuntungan mempunyai bisnis  warnet..

 

Dengan adanya perkembangan teknologi sekarang ini saya sangat tertarik untuk  membahas masalah ini karena usaha warnet  merupakan salah satu tren bisnis dimasa sekarang dimana orang dari anak-anak sampai dewasa mulai terbawa oleh arus teknologi yang berkemban pesat. Sekarang   balita play group juga sudah dikenalkan hal-hal yang berbau teknologi.Hal ini menandakan betapa pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia khususnya.

 

Analisa ini sangad sederhana,  tapi dengan kesederhanaan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin melakukan bisnis usaha warnet., serta mampu mengembangkan bisnis warnet yang di jalankannya.

 

 

Pendahuluan

Perkembangan Bisnis warnet di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat.Masyarakat mulai melirik Usaha Bisnis Warnet, karena dianggap usaha yang paling aman dengan resiko yang relatif kecil . Hal ini terbukti dengan adanya krisis moneter yang tidak dapat menggoyahkan UKM ( Usaha Kecil Menengah ). ,UKM  masih tetap kokoh berdiri Karena UKM tidak dipengaruhi oleh perubahan pasar. Di Indonesia UKM menempati posisi yang penting dimana pemerintah mulai memperhatikan dan menjadikan prioritas.Hal ini dibuktikan dengan adanya program pemerintah dimana pemerintah memberikan pinjaman modal kepada masyarakat.Pemerintah sekarang ini di cap masyarakat lebih condong ke arah liberalisme dimana pemerintah mengedepankan sektor makro dari pada sektor mikro dimana sektor makro dianggap pemerintah lebih mementingkan investor asing yang dapat merugikan masyarakat Indonesia.Tapi dengan adanya program pemerintah ini dapat mengurangi pandangan masyarakat yang menganggap bahwa pemerintah lebih mengedepankan sektor makro dibandingkan sektor mikro.

 

UKM merupakan sektor ekonomi real yang dapat menyerap tenaga kerja sehingga pengangguran dapat berkurang karena dengan adanya UKM maka lapangan kerja baru akan tercipta dan diharapkan pendapatan masyarakat  akan meningkat .

Masyarakat mulai paham akan dampak positif dari UKM.Masyarakat sekarang banyak yang menggeluti UKM,ini memberikan sinyal positif bagimkelangsungan perekonomian di Indonesia.Salah satunya adalah jasa warnet yang akhir-akhir ini banyak bermunculan disekitar kita.Bisnis warnet menjanjikan keuntungan yang cukup besar apabila kita pintar dalam pengelolaannya.Apalagi bisnis warnet mempunyai prospek yang bagus  dimasa sekarang dan yang akan datang hal ini ditandai dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat signifikan.Teknologi hampir merambah sampai ke pelosok pedesaan.Sekarang ini warnet tidak hanya terdapat disebuah kota besar,tetapi sekarang juga sudah merambah ke pedesaan.Hal ini sangat menarik untuk dianalisa.

 

 

Tujuan Menganalisa Bisnis Warnet

  1. Berbagi informasi bagi seseorang yang ingin membuka bisnis baru terutama bisnis dibidang warnet

 

  1. Melihat berapa besar masyarakat yang tertarik akan UKM, terutama dalam Bisnis usaha Warnet

 

  1. Memberikan informasi kepada saya khususnya dan masyarakat pada umumnya mengenai perkembangan UKM di Indonesiam terutama dalam Bisnis usaha Warnet

 

 

Manfaat Membuka Usaha Bisnis Warnet

  1. Masyarakat dapat mengetahui peranan membuka usaha warnet yang sangat besar

 

2.   Memberikan gambaran kepada masyarakat yang ingin membuka

bisnis warnet,dari modal yang harus disiapkan sampai tahap

pengembangan hingga mendapatkan keuntungan yang maximal.

 

3.        Menumbuhkan jiwa kewirausaahaan masyarakat sehingga dapat

menciptakan lapangan pekerjaan.

 

 

Analisa Bisnis Warnet

Warung internet atau yang sering kita sebut “warnet” mengalami kenaikan bisa dibilang relatif cepat, sorotan di kalangan masyarakat.Masyarakat sudah banyak yang tertatik dengan bisnis ini.Dari tahun ke tahun pertumbuhan teknologi berjalan dengan cepat,inovasi-inovasi baru telah tercipta khususnya untuk alat-alat elektronik seperti HP,komputer,televisi dll.Perkembangan teknologi ini menuntut masyarakat juga mengikuti sejalan perkembangan ekonomi.Dahulu waktu Indonesia masih dijajah masyarakat Indonesia sangatlah “gaptek”(gagap teknologi) hal inilah yang membuat bangsa Indonesia di Jajah oleh bangsa lain.Setelah merdeka masyarakat Indonesia mulai melirik adanya teknologi meskipun hanya segelintir orang saja.Tetapi seiring berkembangnya waktu masyarakat dapat mengenal teknologi.Apalagi disaat sekarang ini dari anak-anak sampai dewasa hampir setiap hari tidak terlepas dari hal-hal yang berbau teknologi.Life style masyarakat indonesia sudah berubah.Masyarakat sudah terbiasa dengan yang namanya online,apalagi anak sekolah satiap hari rata – rata buka facebook,Chatting,game online,E-mail dll.Apalagi sekarang lagi trennya orang menciptakan robot,kontes robot dilaksanakan dimana-mana baik didalam negeri maupun luar negeri.

 

Hal ini menyebabkan pertumbuhan warnet di Indonesia semakin berkembang pula.Pada jaman dahulu mungkin kita sulit untuk menjumpai sebuah warnet apalagi di pedesaan.Tetapi sekarang ini warnet sudah merambah ke pelosok pedesaan apalagi di kota – kota besar warnet tumbuh bak jamur di musim hujan.Warnet dijadikan bisnis yang menguntungkan.Tapi banyak juga pebisnis warnet yang bangkrut karena tidak bisa bersaing dengan pasar yang ada.Warnet merupakan bisnis yang gampang-gampang susah,orang kreatif dan kritislah yang akan mampu bertahan.

Dan, Banyak yang membuka usaha warnet akhir-akhir ini, terutama dengan semakin murah dan mudahnya mendapatkan sambungan internet.         Jaman dahulu untuk membuka warnet membutuhkan investasi besar terutama untuk biaya sambungan ke ISP namun sekarang cukup dengan Rp. 1000.000,00 anda sudah mendapatkan sambungan internet yang cukup mumpuni yaitu speedy.Namun hal ini juga membawa efek negatif bagi para pengusaha warnet karena dengan semakin murahnya biaya sambungan, membuat orang-orang yang dulunya berpikir seribu kali untuk mendapatkan internet pribadi sekarang sudah tidak perlu berpikir lagi, bayangkan saja dengan 100ribuan perbulan sekarang anda mendapatkan sambungan internet unlimited.Produknya sangatlah beragam mulai dari tflash, hinggga indosat3,5G bahkan dengan adanya berita bahwa telkom akan segera menurunkan tarif internet hingga sebesar 40% membuat pengusaha warnet justru tidak dapat bernapas lega.

Okelah daripada susah ngurusin tarif dan tetek bengeknya sekarang kita coba menghitung apakah bisnis internet masih menjanjikan atau tidak. Pertama-tama kita asumsikan beberapa hal sebagai berikut untuk memudahkan perhitungan, yaitu;

  • Jumlah workstation 10 unit
  • sambungan ke ISP memakai Speedy SOHO
  • Jumlah pekerja alias operator 2 orang
  • Jam operasional adalah 10 jam perhari

 

Dari asumsi tersebut kita akan memperkirakan biaya investasi yang di butuhkan baik untuk pembelian hardware, pengadaan sambungan internet, biaya tempat, biaya operasional awal dan sebagainya.

 

Biaya Pembelian Hardware

Komputer P4 Standar dengan memori 512 bisa ditebus dengan harga sekitar Rp.2.500.000,00 sedangkan bila kita ingin mengganti dengan LCD maka biaya akan membengkak hingga Rp. 3.800.000,00 berarti untuk 10 klien maka biaya pembelian hardware akan menjadi Rp. 38.000.000,00 sedangkan untuk operator kita membutuhkan PC dengan kelengkapan lebih yang kita patok ke Rp. 4.800.000,00. Untuk printer dengan sistem infus bisa kita tebus Rp. 850.000, untuk rekomendasi merek bisa mengambil Epson C.90 atau bila mau dipakai untuk cetak photo silahkan menebus Epson R.230 seharga Rp. 1.200.000,00. Scanner bisa membeli Canon Lide seharga Rp. 450.000,00 sedangkan untuk melengkapi fasilitas bisa menambahkan bluetooth seharga Rp.45.000,00/piece nya. Router sebaiknya jangan memakai bawaan modem speedy, sebisa mungkin pakailah router PC bisa saja memanfaatkan P3 dengan kapasitas memori 512 mbytes dan HD 40 Gb seharga Rp. 1.500.000,00. Total semua untuk hardware adalah

Rp. 46.400.000,00

Biaya Sambungan speedy

Untuk speedy biasanya bila anda sudah mempunyai sambungan telpon maka cukup biaya pendaftaran speedy dan modem sebesar Rp. 800.000,00 sedangkan bila ternyata anda tidak atau belum memiliki sambungan telepon maka biaya akan bertambah Rp. 1.200.000,00 sehingga total akan mencapai Rp. 2.000.000,00 dan ini diluar biaya bulanan sebesar Rp. 750.000,00 untuk paket SOHO

Biaya Tempat dan desain tempat

Desain dan kelengkapan tempat mempengaruhi biaya yang dihabiskan untuk tempat. Semakin eksklusif semakin mahal juga, semakin sederhana semakin murah biaya yang dihabiskan. Sedikit saran jika memungkinkan sebaiknya membuat ruangan terpisah antara perokok dan non-perokok, dimana untuk non-perokok bisa saja dilengkapi dengan AC, sedangkan untuk perokok cukup dengan kipas angin. Namun jika biaya tidak memungkinkan sebaiknya cukup memakai kipas angin sebagai jalan tengah, atau AC portable. sedangkan untuk desain kabin sebaiknya jangan terlalu tertutup. sebagai gambaran untuk ruangan yang sederhana bisa menghabiskan Rp. 5.000.000,00 tidak termasuk biaya sewa tempat yang besarnya bisa sangat bervariasi.Sewa tempat usahakan berada di dekat sekolah, untuk gambaran di daerah saya bisa berkisar Rp. 4.000.000,00 hingga Rp. 8.000.000,00 pertahun, usahakan untuk menyewa kurang lebih 5 tahun sehingga total Rp. 40.000.000,00

Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya listrik, biaya tenaga kerja, biaya perawatan, dan sebagainya yang biasanya habis tiap bulannya. Biaya listrik perbulan berkisar antara Rp. 200.000,00 hingga Rp. 1.000.000,00 tergantung dari besaran daya yang terpasang dan fasilitas yang ada, sedangkan untuk tenaga kerja dengan asumsi jumlah tenaga 2 orang bisa menghabiskan Rp. 1.000.000,00 perbulan, biaya sambungan Rp. 750.000,00. Biaya tak terduga bisa dipatok ke Rp. 500.000,00 perbulan. Sehingga total rata-rata untuk biaya operasional perbulan mencapai     Rp. 3.250.000,00

Total Biaya

Dari semua komponen itu bisa di jumlahkan sehingga kita mendapatkan gambaran kasar untuk membuka usaha warnet yang lumayan maka membutuhkan hingga Rp. 96.650.000,00. Saya sengaja tidak membahas biaya lisensi karena memang saya tidak akan memakai OS berlisensi selain justru akan memperbesar biaya investasi juga akan memperbesar biaya perawatan.PembahasanApakah dengan uang sebesar itu sudah cukup? belum tentu, karena untuk pemasangan awal biasanya muncul biaya-biaya tidak terduga semisal jika anda meminta orang lain yang melakukan set-up maka biaya bertambah antara Rp. 3.000.000,00 hingga Rp. 5.000.000,00 tergantung dari tingkat kerumitan yang anda minta.

Hal-Hal yang Perlu di Siapkan dalam Memulai Bisnis Warnet

1.  Modal

Untuk membuka usaha sebuah warnet dibutuhkan modal yang cukup besar .Dengan rincian sbb:

  • 10 buah PC dengan harga
  • Sewa gedung selama 1 tahun
  • 2 Buah AC dengan harga
  • Jaringan internet seperti Speedy
  • Kulkas
  • Property seperti meja dan kursi
  • Dekorasi ruangan
  • Biaya lain-lain seperti programe

2. Pemilihan tempat

Dalam pemilihan tempat harus strategis agar usaha kita bisa berkembang dengan baik.Tempat yang strategis adalah didekat  sekolah/kampus,kos-kosan,kontrakan dan tempat  dimana orang banyak berkumpul.Untuk daerah perumahan menurut saya kurang bagus karena biasanya sudah punya jaringan intrnet masing-masing   jadi warnet sulit berkembang apalagi lingkungan perumahan elit.Jadi kita harus melihat situasi dan kondisi lingkungan dimana kita akan mendirikan usaha tidak hanya untuk usaha warnet tapi untuk semua jenis usaha.

3. Pemilihan pegawai

Dalam memilih pegawai harus benar-benar seseorang yang tau/pengalaman dalam hal ini karena berhubungan dengan komputer.jadi usahakan orang yang sudah ahli dibidang IT untuk meminimalisir kemunggkinan yang tidak diinginkan.Apabila kita ceroboh dalam memilih pegaiwai maka kita sendiri yang akan terkena dampaknya.

4. Promosi

Promosi dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur ke masyarakat disekitar warnet kita.Bila perlu dengan adanya promosi harga yang lebih murah dari harga normalnya untuk menarik perhatian masyarakat

 

Dampak Negativ Terhadap Penggaruhnya IPTEK

Sejalan dengan perkembangan IPTEK disisi lain berdampak negatif bagi masyarakat Indonesia khususnya kaulah mudanya.Moral generasi muda sekarang turun drastis.Mereka banyak yang melupakan hal-hal yang berbau adat istiadat maupun kebudayaan.Mereka tengah asyik terbawa arus globalisasi.Sekarang mereka menganggap adat istiadat itu katro(kuno) padahal adat istiadat merupakan warisan leluhur yang tak ternilai harganya.

Anak-anak kecil sekarang mainannya bukan gundu atau peta umpet lagi tetapi berdiam diri didepan komputer apalagi kalau bukan untuk game online.Keadaan seperti ini menandakan bahwa adat istiadat/kebudayaan telah digeser oleh teknologi yang sedang marak ini.

http://jeffmadura2007.introduction To Bussiness.jakarta

Kesimpulan :

1. Untuk memulai suatu bisnis baru perlu memperhatikan faktor-faktor yang

harus dilakukan dalam berbisnis.

2. Melakukan Bisnis Merupakan eranan penting dalam kelangsungan

perekonomian Indonesia dimana UKM bersifat flexibel yang dapat

maenghadapi tantangan zaman seperti disaat krisis global sekarang ini

3. Melakukan usaha Bisnis dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan

diharapkan bisa meminimalisir tingkat pengangguran sekarang ini.

4. Bisnis tidak berjalan dengan mulus, dikarenakan kekurangan Modal.

SARAN ;

  1. Mempunyai modal yang besarnya sesuai dengan bisnis yang akan kita jalankan
  2. Pemilihan tempat dan promosi merupakan faktor yang penting dalam berwirausaha
  3. Kita harus berfikir kritis terhadap keadaan yang ada,dalam bisnis harus update agar usaha kita dapat bertahan
  4. Mempunyai creativitas tinggi untuk menciptakan terobosan-terobosan baru sehingga usaha kita dapat berkembang.
  5. Yang paling penting dalam memulai bisnis jangan mempunyai perasaan takut akan kegagalan yang berlebihan karena hal itu akan menghambat jalannya usaha.Usaha tidak akan berkembang hanya jalan ditempat karena adanya persaan yang berlebihan.

 

Daftar Pustaka

1. http://google.peluangbisnis.com

2. http://jeffmadura2007.introduction To Bussiness.jakarta

 

3. web pusat badan statistik

 

 

 

 



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: