Dimazcipinang's Blog











{February 25, 2010}   BAB I / PENDIDIKAN KEWERNEGARAAN- PANCASILA

RANGKUMAN BAB I

PENGANTAR PENDIDIKAN KEWERNEGARAAN / PANCASILA

Perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia yang dimulai sejak era sebelum dan selama penjajahan, hingga era pengisian kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda sesuai dengan jamannya. Kesamaan nilai-nilai ini dilandasi oleh jiwa,tekad,dan semangat kebangsaan kesemua itu tumbuh menjadi kekuatan yang mampu mendorong proses terwujudnya negara kesatuan Republik Indonesia dalam wadah Nusantara semangat perjuangan bangsa yang telah ditunjukkan pada kemerdekaan 17 agustus 1945 tersebut dilandasi oleh keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan keikhlasan untuk berkorban . landasan perjuangan tersebut merupakan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia semangat inilah yang harus dimilki oleh setiap warga Negara Republik Indonesia selain itu nilai-nilai perjuangan bangsa masih relevan dalam memecahkan setiap permasalahan dalam masyarakat ,berbangsa dan bernegara serta terbukti keandalaan nilai-nilai perjuangan itu kini telah mengalami pasang surut sesuai dengan dinamika kehidupan masyarakat .

Globalisasi ditandai oleh kuatnya pengaruh lembaga-lembaga kemasyarakatan internasional, Negara-negara maju yang ikut mengatur percaturan politik , ekonomi, social budaya, serta pertahanan dan keamanan global meliputi :

– demokratis

–  hak asasi manusia

–  lingkungan hidup

adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , khususnya di bidang informasi , komunikasi , dan transportasi . hingga membuat dunia menjadi transparan seolah-olah menjadi sebuah kampong tanpa mengenal batas negara . dengan semangat perjuangan bangsa yang merupakan kekuatan mental spiritual telah melahirkan kekuatan yang luar biasa dalam perjuangan fisik sedangkan dalam era globalisasi dan masa yang akan dating memerlukan perjuangan non fisik sesuai dengan bidang profesi masing-masing. masyarakat dan pemerintah suatu negara berupaya untuk menjamin kelangsungan hidup serta kehidupan generasi penerusnya secara berguna.

Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara , sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara serta ketahanan nasional dalam diri sendiri ,warga negara Republik Indonesia yang sedang mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni . setiap warga negara harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang merupakan misi atau tanggung jawab warga negara untuk menumbuhkan wawasan warga negara dalam hal persahabatan , pengertian antara bangsa , perdamaian dunia , kesadaran bela negara , dan sikap serta perilaku yang bersendikan nilai-nilai budaya bangsa. hak dan kewajiban warga negara terutamam kesadaran bela negara akan terwujud dalam sikap dan perilakunya nila ia dapat merasakan bahwa konsepsi demokrasi dan hak asasi manusia sungguh-sungguh merupakan sesuatu yang paling sesuai dengan kehidupan.

Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang berbudi luhur , berkepribadian , mandiri , maju , tangguh , cerdas , kreatif , terampil , berdisiplin , beretos kerja , professional , bertanggung jawab , dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. rakyat Indonesia melalui MPR menyatakan bahwa :

Pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia diarahkan untuk “ meningkatkan kecedasan serta harkat dan martabat bangsa , mewujubkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME , berkualitas mandiri , sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa”

Pendidikan kewarganegaraan yang berhasil akan membutuhkan kan sikap mental yang cerdas , penuh tanggung jawab dari peserta didik . sikap ini disertai dengan perilaku :

–  beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa  

–  bebudi pekerti luhur , berdisplin dalam masyarakat berbangsa dan bernegara

–  rasional ., dinamis , dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara

– bersifat professional yang di jiwai oleh kesadara bela negara

–  aktif memmanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan , bangsa dan negara

negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengetahui adanya satu pemerintah yang mengurus tata tertibserta keselamatan sekelompok atau nenerapa manusia tersebut, bias di artikan sebagai satu perserikatan yang melaksanakan satu pemerintah melaui hokum yang mengikat masyarakat dengan kekusaan untuk memaksa bagi ketertiban social.dalam Undang-undang 1945 telah diatur tentang kewajiban warga negara juga tentang hak dan kewajiban warga negara kepada negaranya keamanan lahir batin sesuai dengan system demokrasi yang dianutnya serta melindungi hak asasi warganya sebagai manusia secara individual.

Demokrasi Indonesia adalah pemerintahan rakyat yang berdasarkan nilai-nilai falsfah pancasila atau pemerintahan dari oleh dan untuk rakyat berdasarkan sila-sila pancasila :

– System pemerintahan rakyat dijiwai dan tuntun oleh nilai-nilai pandangan hidup bangsa Indonesia

– Demokrasi Indonesia adalah transformasi pancasila menjdi suatu bentuk dan system pemerintahan khas pancasila

–  Merupakan konsekuensi dari komitmen pelaksaanaan pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen di bidang pemerintahan atau politik

– Pelaksanaan demokrasi telahdapat dipahami dan dihayati sesuai dengan nilai-nilai falsafah pancasila

– Pelaksanaan demokrasi merupakan pengalaman pancasila melalui politik pemerintahan

didalam mukadimah deklarasi universal tentang hak asasi manusia yang telah disetujui oleh resolusi majelis umum perserikatan bangsa nomor 217 A ( III ) tanggal 10 desember 1948.  Landasan hubungan UUD 1945 dan negara kesatuan republic Indonesia antara lain :

–  Pancasila sebagi idealogi negara adalah telah disebutkan bahwa pancasila merupakan falsafah bansa sehingga Indonesia menjadi Negara.

–  UUD 1945 sebagai landasan konstitusi dibagi menjadi dua macam yaitu :  – teks proklamasi secara tegas menyatakan bahwa yang merdeka adalah bangsa Indonesia

– Mengingat undang-undang 1945 merupakan landasan  &nb sp  &nb sp;

konstitusi NKRI  tahun 1965 sampai 1998 disebut periode baru atau orde baru ancaman yang dihadapi dalam periode ini adalah tantangan non fisik. Tahun 1998 sampai sekarang disebut periode reformasi untuk menghadapi perkembangan jaman globalisasi maka diperlukan undang-undang yang sesuai maka keluarlah undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang system pendidikan nasional .

tahun 1945 sejak NKRI diproklamasikan sampai tahun 1965 disebut periode lama atau orde baru ancaman yang di hadapidatang nya dari dalam maupun dari luar , langsung maupun tidak langsung , menumbuhkan pemikiran tentang mengenai cara menghadapinya .pada tahun 1954 terbitlah produk undang-undang tentang pokok-pokok perlawanan rakyat pada tingkat desa ( OKD ) . pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi diberikan pemahaman filosofi secara ilmiah meliputi pokok-pokok bahasasn , yaitu wawasan nusantara , ketahanan nasional , politik dan strategi nasional.

Kerangka dasar kehidupan nasional meliputi keterkaitan antara falsafah pancasila UUD 1945 , wawasan nusantara dan ketahanan nasional kemudian timbullah segala tindakan yang selalu berdasarkan pertimbangan rasa kemanusiaan yang adil dan beradab sehingga segala hal terebut menumbuhkan persatuan yang kokoh , jadi uraian di atas secara tegas bahwa sila-sila dalam pancasila menjadi falsafah dan cita-cita bagi Indonesia .



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: