Dimazcipinang's Blog











{October 16, 2010}   TULISAN PERILAKU KONSUMEN / 3 EA 11 / Mie instant

NAMA            : DIMASZ SHAYLENDRA

KELAS           : 3 EA 11

NPM               : 11208425

TUGAS           : PERILAKU KONSUMEN TENTANG MIE INSTANT

 

 

PERILAKU KONSUMEN TENTANG MIE INSTANT

 

 

PENDAHULUAN

 

Di abad modern sekarang ini, banyak manusia yang dalam kehidupannya mengiginkan

sesuatu yang praktis dan mudah untuk dilaksanakan. Dalam hal ini yang paling utama

adalah di bidang pangan, dimana mereka menginginkan suatu kemudahan dalam

memperoleh dan mengolah makanan tersebut tanpa harus membuang waktu yang

mereka miliki. Dengan adanya kejadian seperti ini produsen makanan selalu berlomba

dan terus melakukan pengembangan produk makanan yang ada.

 

terlihat bahwa pengeluaran masyarakat di Indonesia masih bertumpu kepada padi sebagai makanan pokok dengan tingkat pengeluaran sebesar 36,847 pada akhir tahun 2007. Dan pada tingkat selanjutnya adalah pada makanan danminuman jadi yang mudah untuk diperoleh dengan tingkat pengeluaran sebesar 37,030.Sehingga produk makanan jadi ini pada tahun 2007 sudah melebehi pengeluaranmasyarakat untuk mengkonsumsi dalam bidang pangan. Sementara itu konsumsi terendah ada pada umbi-umbian dengan tingkat pengeluaran sebesar 1,991 pada akhir

tahun 2007.

 

Tahun 2006. Lalu pada kopi bubuk mengalami peningkatan indeks menjadi 73,4 % pada tahun 2006. Dan konsumsi Mie instan mempunyai angka kenaikan yang cukup signifikan

hingga mempunyai indeks sebesar 72,9%. Sementara itu indeks terendah pada tahun

2006 adalah minuman tidak bersoda sebesar 62.9% yang kalah bersaing dengan

minuman bersoda. Produk mie instan sebagaimana diketahui adalah salah satu produk makanan cepat sajiyang semakin lama semakin banyak digemari masyarakat karena kemudahan dalam halpenyajiannya. Dengan semakin banyaknya produk mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai

dengan keinginannya. Oleh karena itu perlu bagi perusahaan untuk menganalisis

perilaku konsumen produk tersebut untuk mengetahui pola pembeliannya. Lebih jauh

lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar konsumen berusaha agar

produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.

Untuk saat ini sudah banyak varian rasa yang telah tersedia di pasar untuk memenuhi

kebutuhan para pecinta mie instan tersebut. Masing-masing produsen mempunyai

produk unggulan yang digemari oleh setiap konsumen mereka. Pada setiap bungkus

dari mie instan tersebut mempunyai karakteristik yang mewakili rasa dari produk itu

sendiri.

 

Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi

oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah

faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis

 

 

PEMBAHASAN

 

Dari uraian pendahuluan ,  maka dapat diketahui Tujuan Penelitian sebagai berikut : (1)

Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari

faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli Produk

Mie Instan Merek Indomie. (2) Untuk mengetahui diantara faktor budaya, sosial, pribadi

dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli

Produk Mie Instan Merek Indomie.

Kajian Penelitian Sejenis

 

. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral DiKotamadya Surabaya” jurnal penelitian dinamika sosial vol.2 no.3 des 2001.Dari pengolahan dan analisis data, pengujian hipotesis, analisis, dan pembahasan hasil

penelitian, maka hipotesis pertama diterima, bahwa perilaku konsumen dalampembelian air minun mineral dipengaruhi secara bersama-sama dan bermakna olehfaktor pendidikan, penghasilan, harga, kualitas, layanan dan promosi. Hal iniditunjukanoleh F Hitung = 34,677 lebih tinggi dari F Tabel = 2,14 dengan koefisien korelasi R sebesar 0,7203 dan koefisien determinasi ganda (R Squared) sebesar 0,5188. Hipotesis

 

kedua yaitu harga mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku konsumen air

minum mineral dinyatakan diterima

 

 

Data yang diambil adalah data primer, yaitu data yang diambil dari jawaban kuesioner

yang diisi oleh masing-masing responden. Untuk variabel terdiri dari dua yaitu variabel

bebas dan variabel terikat. Untuk varibel bebas terdiri dari faktor kebudayaan (dengan

indikator pengalaman anggota keluarga, mengikuti teman dan gaya hidup), sosial

(dengan Indikator mengikuti lingkungan, wilayah geografis dan kelas sosial), pribadi

(dengan indikator kebiasaan, uang saku dan situasi ekonomi) dan psikologis (dengan

indikator motivasi, persepsi dan pengetahuan). Sedangkan untuk varibel terikatnya atau

varibel tidak bebas adalah keputusan pembelian produk (dengan indikator pilihan

alternatif, pengambilan keputusan yang rasional dan pembelian kembali).

Dalam hal ini penulis menggunakan skala interval. Skala interval merupakan skala yang

memiliki urutan dan memiliki interval atau jarak yang sama diantara kategori atau titiktitik

terdekatnya. Dengan di implikasikan ke dalam kuesioner dengan skala kepuasan

jenis skala likert.

 

Validitas adalah ukuran yang menunjukkan sejauh mana instrumen pengukuran mampu

mengukur apa yang ingin di ukur. Dalam hal iniuji validitas digunakan dalam penerapan sebagai instrumen yang mengukur data responden milik penulis.

 

Reliabilitas adalah ukuran yang menunjukan konsistensi dari alat ukur dalam mengukur

gejala yang sama di lain kesempatan. Penulis memiliki kuesioner, maka hasil kuesioner

tersebut akan sama jika digunakan untuk mengukur pada penelitian sejenis yang

lainnya.

 

salah satu uji persyaratan yang harus dipenuhi dalam penggunaan analisis parametrik

yaitu uji normalitas data. Pengujian ini menuntut asumsi data yang diuji terdistribusi

normal. Apabila sampel diperbesar, penyimpangan asumsi normalitas ini semakin kecil

pengaruhnya.

 

Untuk menguji normalitas distribusi ini digunakan hipotesa sebagai berikut :

 

Ho : data terdistribusi normal

Ha : data tidak terdistribusi normal

Dasar pengambilan keputusan yang digunakan adalah :

jika nilai asymp. Sig > a maka terima HO, maka data dikatakan terdistribusi

normal

Jika nilai asymp. Sig < a maka terima Ha, maka data dikatakan tidak

terdistribusi normal.

Untuk rasio skewness dan rasio kurtosis dianggap normal apabila memiliki rasio

diantara -2 sampai dengan 2. Apabila nilai rasio tersebut tidak berada diantara

kedudukan tersebut maka data dapat dikatakan tidak normal. Bila dari hasil pengujian

kenormalan data ada syarat yang tidak terpenuhi maka data tersebut untuk variabel yang

bersangkutan dikatakan tidak normal.

 

analisis korelasi merupakan salah satu tekhnik statistik yang sering digunakan untuk

melihat hubungan yang terjadi antara variabel yang ada. Tujuannya adalah untuk

melihat dan mengetahui pola serta keeratan hubungan variabel.

 

Menurut Arief Pratisto (2009 : 71) terdapat 3 arah korelasi, yaitu positive correlation,

negative correlation dan nihil correlation. Korelasi terbagi menjadi 2 jenis yaitu

korelasi parametric dan korelasi non parametrik. Jika angka dari korelasi tersebut

bernilai negative maka yang terjadi adalah hubungan yang tidak searah, tetapi bilai nilai

korelasi tersebut positif maka yang terjadi adalah hubungan yang searah antarvariabel

yang diuji.

 

Untuk menguji korelasi ini digunakan hipotesa sebagai berikut :

Ho : Tidak terjadi korelasi yang signifikan antara variabel

Ha : Terjadi korelasi yang signifikan antara variabel

Dasar pengambilan keputusan yang digunakan adalah :

jika nilai Sig > a maka terima HO, maka data dikatakan tidak terjadi korelasi

yang signifikan. . Jika nilai Sig < a maka terima Ha, maka data dikatakan terjadi korelasi yang signifikan.

 

 

KESIMPULAN

Dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 80 orang responden penikmat Mie Instant

Indomie yang dibagi dalam 4 variabel bebas dan 1 variabel terikat didapat hasil

perhitungan sebagai berkut :

1. Dari seluruh variabel bebas (budaya, sosial, pribadi dan psikologis) secara

keseluruhan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian

yang akan diambil oleh konsumen dalam pembelian Mie Instan Merek Indomie.

2. Nilai korelasi yang diberikan oleh variabel budaya terhadap variabel keputusan

pembelian adalah sebesar 0,466. Begitu juga dengan uji Chi Square ternyata

konsumen setuju jika faktor budaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian

mereka.

3. Nilai korelasi yang diberikan oleh variabel sosial terhadap variabel keputusan

pembelian adalah sebesar 0,335. Begitu juga dengan uji Chi Square ternyata

konsumen setuju jika faktor sosial dapat mempengaruhi keputusan pembelian

mereka.

4. Nilai korelasi yang diberikan oleh variabel pribadi terhadap variabel keputusan

pembelian adalah sebesar 0,23. Begitu juga dengan uji Chi Square ternyata

konsumen setuju jika faktor pribadi dapat mempengaruhi keputusan pembelian

mereka.

5. Nilai korelasi yang diberikan oleh variabel psikologis terhadap variabel

keputusan pembelian adalah sebesar 0,35. Begitu juga dengan uji Chi Square

ternyata konsumen setuju jika faktor psikologis dapat mempengaruhi keputusan

pembelian mereka.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

www.google.co.id

Assauri, Sofyan. (2004), Manajemen Pemasaran. Cetakan ketujuh, Raja Grafindo.

Jakarta.

 

BPS. (2009), Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial Ekonomi Indonesia.

BPS, Jakarta.

 

Ferrinadewi, Erna. (2005), “Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian

 

Kosmetik Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen di Surabaya”, Jurnal

Manajemen Dan Kewirausahaa, 7 (2), hal. 139-150.

 

Istijanto. (2005), Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip., & Armstrong, Gery. (2008), Prinsip-Prinsip pemasaran. Edisi Kedua

Belas, Jilid Pertama, Erlangga, Jakarta

 

 

 

 



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: