Dimazcipinang's Blog











{November 24, 2011}   ETIKA BISNIS / 4 EA 11 / SOFT SKILL / DIMASZ SHAYLENDRA – (11208425)

NAMA   : DIMASZ SHAYLENDRA

KELAS  : 4 EA 11

NPM      : 11208425

TUGAS  : SOFT SKILL

1.Apakah yang Dimaksud dengan Etika Kata Etika berasal dari bahasa Yunani Ethos, yang berarti karakter. Etika adalah satu set kepercayaan, standar, atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Semua individu bertanggung jawab kepada masyarakat atas prilaku mereka. Masyarakat dapat berupa suatu kota,negara atau profesi. Tindakan kita juga diarahkan oleh etika. Tidak seperti moral, etika dapat sangat berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain.

 

2. ETIKA Pendapat umum dalam bisnis bahwa perusahaan mencerminkan kepribadian pemimpinnya. Hubungan antara CEO dengan perusahaan merupakan dasar budaya etika. Jika perusahaan harus etis, maka manajemen puncak harus etis dalam semua tindakan dan kata-katanya. Manajemen puncak memimpin dengan memberi contoh. Prilaku ini adalah budaya etika. Bagaimana budaya etika diterapkan Tugas manajemen puncak adalah memastikan bahwa konsep etikanya menyebar di seluruh organisasi, melalui semua tingkatan dan menyentuh semua pegawai. Hal tersebut dicapai melalui metode tiga lapis yaitu : Menetapkan credo perusahaan; Merupakan pernyataan ringkas mengenai nilai-nilai etis yang ditegakkan perusahaan, yang diinformasikan kepada orang-orang dan organisasi-organisasi baik di dalam maupun di luar perusahaan. Menetapkan program etika; Suatu sistem yang terdiri dari berbagai aktivitas yang dirancang untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan lapis pertama. Misalnya pertemuan orientasi bagi pegawai baru dan audit etika. Menetapkan kode etik perusahaan Setiap perusahaan memiliki kode etiknya masing-masing. Kadang-kadang kode etik tersebut diadaptasi dari kode etik industri tertentu.

CONTOHNYA : ETIKA dalam berbisnis contohnya , bila kita berbisnis kita harus melakukan persaingan secara sehat , dan tidak ada kecurangan .. dan point penting nya jgn sampai melanggar hukum yang berlaku di negara tertentu.

 

3. etika teologis adalah sebuah etika yang bertolak dari praanggapan-praanggapan tentang Allah/ilahi. Sehingga, secara singkat dapat dikatakan bahwa etika teologis adalah sebuah etika yang didasarkan atas unsur-unsur agama. etika teologis memiliki sifat transempiris yaitu pengalaman manusia dengan Allah yang melampaui kesusilaan tidak dapat diamati manusia dengan pancainderanya. Karena etika teologis berhubungan dengan yang ilahi, maka sumber utama yang dijadikan bagi etika ini ialah Alkitab dan alat bantu lainnya.

 contohnnya : dalam etika ini kita berpegangan dengan kepercayaan masing-masing dalam aturan agama yang di ikutinya, dan dalam etika ini harus saling menghormati dengan penganut agama lainnya..

 

   etika deontologi . Istilah deontologi berasal dari kata Yunani ‘deon’ yang berarti kewajiban. etika deontolgi menekankan kewajiban manusia bertindak secara baik , menurut para ahli Etika deontologi, tindakan yang baik bukan di nilai dan dibenarkan berdasarkan akibat dan tujuan baik dari tindakan itu , melainkan berdasarkan tindakan itu sendiri baik untuk dirinya sendiri . melakukan perbuatan baik adalah suatu kaharusan orang sebagai kewajiban. keyakinan melakukan yang baik dan dilakukan dengan sendirinya demi hubungan baik dan buruk dapat mengelakan perilaku buruk. hal ini sudah demikian dalamnya tertanam  pada hati manusia..

  CONTOH : Kemauan baik harus di nilai dengan baik pada dirinya sendiri terlepas dari apapun juga . oleh karena itu , didalam suatu nilai tindakan kita , kemauan baik harus dinilai yang pertama dan menjadi kondisi dari segalanya/

  



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: